Sabtu, 07 Agustus 2010

ISTILAH FIKIH PEREMPUAN

Sebelum membahas dan memahami persoalan perempuan lebih jauh, kita mesti mengetahui terlebih dahulu arti kosakata unsta (perempuan) dalam beberapa kamus bahasa arab. Dalam Al-Mu'jam Al-Wasith disebutkan, anutsa-unutsatan-anatsatan berarti lemah gemulai, anatsat al-hamil berarti perempuan melahirkan, anatsa fi al-amr berarti lembek dan tidak tegas, hadid anits berarti besi lunak, sayf anits berarti pedang pipih, rajul anits artinya laki-laki yang lembut dalam berbicara.

Menurut sudut kebahasaan, perempuan memiliki perbedaan mendasar dengan laki-laki sehingga keduanya tidak bisa disamakan. Karena itu, seorang laki-laki yang berprilaku kewanitaan bisa dikatakan sebagai perampas hak orang lain. Sebab, laki-laki harus memiliki perangai tersendiri seperti halnya perempuan.

Perempuan adalah jenis manusia tertentu yang diciptakan Allah Swt. Firman-Nya,"Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya."(Al-Baqarah [2]: 31).

Kalangan fukaha pernah menyebutkan, kaum perempuan memiliki ciri-ciri khusus --selain struktur fisik-- yang membedakannya dengan lelaki. Ciri-ciri itu adakalanya kasatmata seperti menstruasi, dan adakalanya abstrak seperti perangai yang telah terpatri dalam diri setiap perempuan

Artikel selanjutnya "PEREMPUAN DALAM AL-QURAN".

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © pc&notebooksolution
Blogger Theme by BloggerThemes Sponsored by Internet Entrepreneur